Bleach - Kurosaki Ichigo's sword zangetsu"), auto;}

Admin

online?u=anggaperma&m=g&t=1

Search ? Here

Rabu, 07 Maret 2012

Romney Diprediksi Maju Menantang Obama


Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney (REUTERS/Jessica Rinaldi)

VIVAnews - Mitt Romney memenangkan suara di enam negara bagian, termasuk wilayah paling berpengaruh, Ohio, pada pemilihan calon presiden Partai Republik. Dengan hasil ini, jalan Romney untuk maju menghadapi Barack Obama dalam pilpres November mendatang semakin terbuka lebar.

Pada hasil perhitungan Super Tuesday yang sebagian besar sudah rampung, Romney memimpin dengan memenangkan enam dari 10 negara bagian yang turut serta pada pemilihan Selasa kemarin. Sementara itu, 28 negara bagian lainnya akan melakukan pemilihan pada bulan ini hingga Juni.

Diberitakan USA Today, Rabu 7 Maret 2012, penghitungan suara di Ohio yang sudah 99 persen rampung menunjukkan kemenangan tipis Romney atas Rick Santorum. Mantan Gubernur Massachusetts ini telah mengantungi kemenangan di Idaho, Virginia, Vermont dan Massachusetts, dengan dukungan dari sekitar 183 delegasi.

Sementara itu, berada di belakang Romney, Santorum memenangkan suara di tiga negara bagian; Tennessee, Oklahoma dan Dakota Utara dengan dukungan dari 64 delegasi. Newt Gingrich hanya menang di satu negara bagian, Georgia, didukung 52 kandidat. Sedangkan Ron Paul hanya didukung 15 kandidat dan pulang dengan tangan hampa.

Romney dalam Super Tuesday berhasil merebut dua dari tiga negara bagian unggulan, yaitu Ohio dan Virginia. Sementara Georgia dipegang Gingrich. Ohio menjadi negara bagian emas, karena  tidak ada satu pun calon dari Republik yang lolos menjadi calon presiden tanpa menang di wilayah ini.

Bekas anggota tim sukses pemenangan Barack Obama pada pilpres 2008 lalu, Curtis Johnson, mengatakan bahwa Ohio menjadi sasaran utama salah satunya karena populasinya yang besar. Selain itu, Ohio juga memiliki 20 dewan pemilih, salah satu yang terbanyak di AS.

"Terpenting, Ohio merupakan gambaran mikro Amerika Serikat. Di sinilah hidup masyarakat urban, suburban, rural dan industrial. Jadi jika, misalnya, McDonald membuat produk baru, mereka akan coba menjualnya pertama kali di Ohio untuk melihat respon masyarakat," kata Johnson di pusat kebudayaan AS, @Amerika, di Jakarta hari ini. (eh)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange Follower

Popular Posts